Saturday, September 27, 2014

Situs Sangiran Formasi Pucangan (Plistosen Bawah)

Image : Situs Sangiran Formasi Pucangan (Plistosen Bawah)
Formasi Pucangan/ Sangiran (Plistosen Bawah): yang terdiri dari lempung hitam hingga abu-abu dengan lapisan tipis pasir yang diikuti oleh lapisan-lapisan moluska dan diatomic.
Perubahan muka air danau berkaitan dengan iklim, dan genesa keterkaitannya dengan tektonik dan erupsi gunungapi dapat ungkapkan secara baik. Saya interpretasikan, ketika itu sebagai lingkungan tertutup lacustrine.

Pada beberapa tempat antara Musium dan irigasi sangat jelas terlihat perubahan cekungan (basin migration) kedua Formasi tersebut, dan dapat diikut berubahnya base-level terkait dengan tektonik. Formasi ini selanjutnya ditutupi oleh grenzbank. Hasil pengamatan, fasies sedimen tersebut dapat dikategorikan sebagai material rombakan, sementara saya sebut sebagai debris flow deposits. Siklus perubahan iklim hubungannya dengan tektonik, erupsi gunungapi, dan evolusi fauna dapat dipelajari secara baik dan rinci.

Perubahan cekungan lacustrine (F. Pucangan) ke lingkungan fluvialtil (F. Kabuh/ Bapang) adalah berhubungan dengan efek tektonik, berubahnya iklim, dan erupsi gunungapi. Collapsed atau akhir tektonik global Plistosen bawah yang dipengaruhi oleh tektonik regional mengakibatkan terjadinya proses terbentuknya cekungan fluvial di utara dan selatan. Di duga efek tektonik regional tersebut adalah diakibatkan oleh sesar mendatar yang membentuk cekungan turun miring di utara dan selatan (stepping basins). Debris flow deposits merupakan bagian bawah F. Kabuh/ Bapang.

No comments:

Post a Comment