Saturday, September 27, 2014

Eugène Dubois adalah

Image : Eugène Dubois
Eugène Dubois
Penemunya, Eugène Dubois, mengganggap Pithecanthropus erectus ini adalah missing link (mata rantai yang hilang)
dalam teori evolusi manusia yang dicetuskan oleh Darwin.. Pada akhirnya, teori yang menyebutkan manusia berasal dari keturunan manusia kera dibenarkan adanya ketika fosil tersebut diteliti kembali. Java Man merupakan fase peralihan dari manusia yang masih berbentuk manusia kera ke Homo erectus. 
Eugène Dubois sendiri menjadi paleontologist pertama yang mencetus untuk ekpedisi sistematis mengenai prasejarah. Bukan hanya sekedar fosil manusia purba, namun bagaimana mereka hidup dan perkembangan apa saja yang telah terjadi di fase tersebut khususnya untuk Pithecanthropus erectus sendiri. Sebelum ke Indonesia, awalnya ia terinspirasi oleh penemuan fosil Neanderthal baru di Belgia. Ia menghabiskan liburan berburu fosil di sekitar tempat kelahirannya. Di Henkeput, dekat desa Rijckholt, ia menemukan beberapa tengkorak manusia prasejarah di tahun 1881.

Penalaran bahwa asal-usul spesies manusia harus di daerah tropis, pada tahun 1887 ia bergabung dengan tentara Belanda dan ditempatkan di Hindia Belanda (Indonesia). Bersama istri dan putrinya yang baru lahir ia pindah ke koloni untuk mencari missing link dalam evolusi manusia. Antara 1887 dan 1895, Dubois melakukan ekspedisi di lokasi yang berpotensi, seperti di dekat sungai dan di gua-gua. Ekspedisi pertamanya di Indonesia dilakukan di pulau Sumatera, namun ia tidak berhasil menemukan sesuatu yang berarti. Akhirnya ia meninggalkan Sumatra dan beralih ke Pulau Jawa.

Barulah pada tahun 1891, fosil Java Man  ditemukan yang ia sebut sebagai “spesies diantara manusia dan manusia kera”. Ini merupakan spesimen pertama dari homind awal yang ditemukan diluar benua Afrika dan Eropa. Ketika itu, Eugène Dubois tidak berhasil mengumpulkan fosil Pithecanthropus secara utuh melainkan hanya tempurung tengkorak, tulang paha atas dan tiga giginya saja.

Lengkapnya DISINI

No comments:

Post a Comment