Monday, September 29, 2014

Fosil Manusia Purba Homo Erectus

Image : Fosil Manusia Purba Homo Erectus
Homo erectus memiliki ukuran otak mendekati dengan manusia modern. Rata-rata hanya di bawah 1.000 sentimeter kubik, otaknya benar-benar mencapai batas bawah dari ukuran otak manusia modern. Erectus juga spesies manusia pertama yang memiliki hidung lebar, berdaging. Wajahnya datar dan tengkoraknya memiliki punggung menonjol atas alis.

Lengannya pendek adalah keberangkatan dari Homo habilis dan Australopithecus, menunjukkan dengan kemampuan memanjat pohon yang akhirnya telah hilang. Kakinya panjang yang lebih cocok untuk berjalan dan berjalan kaki jarak jauh – suatu sifat yang pasti membantunya bermigrasi ke Asia. Mulai dari 4 kaki 9-6 kaki 1 dan 88-150 kilogram, Homo erectus adalah nenek moyang pertama yang mendekati manusia modern dalam ukuran. Bahkan, kecuali untuk tulang alis dan otak kecil, Homo erectus mungkin adalah spesies pertama yang mungkin kita pertimbangkan untuk menjadi dasarnya manusia.
Penemuan Homo Erectus

Homo erectus mungkin adalah hominid pertama yang menggunakan api. Hal ini mungkin telah membantu mereka bermigrasi dan beradaptasi dengan iklim yang berbeda di beberapa bagian Asia. Mereka juga membuat alat-alat batu yang kompleks, teknik yang mereka wariskan kepada generasi penerus untuk lebih dari satu juta tahun.
Manusia Jawa 1891

Eugène Dubois menemukan fosil ini di pulau Jawa, Indonesia pada tahun 1891. Berumur antara 1 juta dan 700.000 tahun, Manusia Jawa diketahui dari bagian atas tengkorak. Punggungan alis menonjol, ditemukannya sagittal crest dan dahi datar mengidentifikasinya sebagai Homo erectus.

Manusia Peking, Pertengahan-1920

Salah satu spesimen termuda, Manusia Peking, berumur antara 780.000 hingga 400.000 tahun yang lalu. Ditemukan di Zhoukoudien, Cina berdasarkan Johan Gunnar Anderson dan Walter Granger. Mereka menemukan beberapa spesimen 1923-1927.
Wanita Kenya 1974

Kamoya Kimeu menemukan Homo erectus perempuan di Kenya. Dia meninggal karena keracunan vitamin A seperti yang ditunjukkan oleh tulang pahanya. Tulang menunjukkan bukti perdarahan sebelum kematiannya. Seperti dosis tinggi vitamin A dapat berasal dari makan hati karnivora.
Anak Turkana, 1984

Ditemukan di wilayah Barat Turkana dari Kenya, Anak Turkana berumur sekitar 1,6 juta tahun. Dia ditemukan oleh Kamoya Kimeu pada tahun 1984. Meskipun ia meninggal pada usia sekitar 8 tahun, dia sudah 5 kaki dan tampaknya akan tumbuh menjadi hampir 6 meter, dia tinggal. Kerangka yang hampir lengkap menunjukkan bahwa ia baik beradaptasi untuk berjalan dan berlari.
Manusia Georgia, 1991

Fosil seorang laki-laki tua menunjukkan bahwa ia kehilangan giginya dan mengalami degradasi rahang baik sebelum kematiannya sekitar 1.770.000 tahun yang lalu. Kelompok sosialnya harus mengurus dia, seperti kita merawat orang tua kita hari ini. Dia ditemukan di Republik Georgia oleh tim yang dipimpin berdasarkan David Lordkipanidze.
Kesimpulan

Beberapa keunggulan dari spesies kita sendiri – api, merawat orang tua, alat-alat yang kompleks – pertama muncul bersama Homo erectus. Spesies ini juga ditandai pertama merampas nenek moyang kita ‘keluar dari Afrika dan merupakan hominid pertama yang tidak memiliki lengan panjang cocok untuk memanjat pohon. Sedangkan karakteristik lain seperti bahasa dan otak sepenuhnya modern adalah belum hadir, kita dapat yakin bahwa Homo erectus adalah salah satu anggota yang paling maju dari pohon silsilah kita.

No comments:

Post a Comment