Saturday, September 27, 2014

Situs Sangiran Formasi Kabuh/ Bapang (Plistosen Tengah)

Image : Situs Sangiran Formasi Kabuh/ Bapang (Plistosen Tengah)
Formasi Kabuh/ Bapang (Plistosen Tengah): termasuk cekungan sistem fluvial, dan dapat dibedakan menjadi 7 tubuh pasir fluvial (F.1-F.7)
yang mengalami pergeseran dari waktu ke waktu, yang selanjutnya dapat dibedakan menjadi 3 kelompok (F1-F-3), (F4 dan F5), dan F6/F7. Pengelompokkan berdasarkan setiap tubuh pasir dikontrol oleh efek berubahnya iklim, tektonik dan erupsi gunungapi.

F1 hingga F3 (Kabuh Bawah) mengalami pergeseran sedikit dan menempati lokasi-lokasi tertentu, demikian pula halnya dengan F4/F5 (Kabuh Tengah) dan F6 dan F7 (Kabuh Atas). Kontak ketiga grup atau keolompok tubuh batupasir tersebut belum diketemukan, sehingga dapat diinterpertasikan bahwa elevasi ketika dibentuknya F. Kabuh diantaranya telah mengalami perubahan atau pergeseran alur secara berangsur dan mendadak (umum terjadi pada cekungan fluvial di bawah pengaruh tektonik/ synsedimentaty tectonics). 

 Bergesernya alur sungai (shifting channel) dalam fluvial sistem merupakan kontrol tektonik. Perubahan sistem cekungan tersebut terkait dengan efek global di bawah pengaruh tektonik regional, sedangkan setiap perubahan tubuh alur sungai dikibatkan oleh tektonik lokjl. Sebaliknya tektonik regional mengontrol terbentuknya kelompok grup F1-F3, F4 dan F5, sertan F6 dan F7.

No comments:

Post a Comment