Monday, October 26, 2015

Manusia Purba Pithecanthropus Erectus Asal Jawa

Manusia Purba Pithecanthropus Erectus Asal Jawa - Manusia purba yang sering disebut Java Man (Manusia Jawa) ini merupakan Manusia purba dari jenis Homo erectus yang pertama kali ditemukan. Awal penemuan fosil mirif manusia ini diberi nama ilmiah oleh Eugène Dubois dengan sebutan Pithecanthropus erectus. Ia sendiri merupakan pimpinan tim arkeolog yang saat itu menemukan fosil manusia purba di daerah Trinil pada tahun 1891. Pithecanthropus erectus sendiri memiliki arti yang diambil dari bahasa yunani dan latin yang memiliki arti manusia kera yang mampu berdiri.

Manusia Purba Pithecanthropus Erectus Asal Jawa

Manusia Purba Pithecanthropus Erectus Asal Jawa

Seorang arkeolog bernama Eugène Dubois awalnya tidak berhasil menemukan fosil Pithecanthropus dalam jumlah yang banyak, ia hanaya menemukan fosil dalam bentuk tempurung tengkorak, tulang paha atas dan tiga gigi saja. Hingga  saat inipun belum dapat dipastikan bahwa semua bagian itu merupakan fosil yang berasal dari satu spesies yang sama. Meskipun belum dapat dipastikan tetapi hingga saat ini banyak pendapat yang ditulis dalam buku pelajaran anak sekolah. Manusia Purba Pithecanthropus Erectus Asal Jawa
Namun kemudia pada tahun 1936 seorang ahli paleontologi dari Jerman bernama Gustav Heinrich Ralph von Koenigswald menenukan fosil berupa tempurung tengkorak manusia purba, di desa Sangiran, Jawa Tengah, tepatnya sekitar 18 km ke arah utara dari Kota Solo. Selain itu ditempat tersebut juga terdapat penemuan-penemuan lainnya.
Terima kasih atas kunjungannya pada artikel yang berjudul "Manusia Purba Pithecanthropus Erectus Asal Jawa" semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment